Profil Madrasah

 

Sejarah

Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yang didirikan tahun 1910 M oleh al-maghfurlah K. H. M. Moenawwir, merupakan cikal bakal pesantren tempat madrasah tsanawiyah Ali Maksum bernaung. Pesantren ini telah dikenal luas oleh berbagai kalangan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh sebuah kenyataan, bahwa Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta telah mampu menunjukkan perannya dalam membina umat, menyiapkan kader-kader bangsa yang memiliki integritas wawasan dan kedalaman ilmu dengan landasan keimanan dan ketaqwaan yang mantap.

Sepeninggal K. H. M. Moenawwir, kepemimpinan Pondok Pesantren dipegang oleh KH. Ali Maksum (1911 – 1989 M). Dibawah kepemimpinan al-maghfurlah K. H. Ali Maksum, puluhan tahun kemudian Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta mengalami beberapa perkembangan dengan pendirian berbagai lembaga pendidikan yang salah satunya adalah Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum. 

MTs Ali Maksum didirikan pada 25 Mei 1990, bersamaan dengan berdirinya Yayasan Ali Maksum. Diikuti dengan terbitnya piagam Madrasah No. 92/057/B/Ts tanggal 19 Desember 1991.

 

Visi

Madrasah Berbasis Pesantren Utama

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dasar berbasis pesantren yang di dalamnya berlangsung pembelajaran Al-Qur’an, ilmu-ilmu akademis dan kepesantrenan

  2. Menyelenggarakan pengembangan diri baik, keterampilan komunikasi bahasa Arab dan Inggris, pembinaan teknologi informasi, seni serta olahraga

  3. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik

  4. Membimbing dan menumbuhkembangkan lingkungan dan perilaku kearah pengamalan ajaran Islam, rasa kebangsaan dan wawasan global

  5. Menciptakan kondisi lingkungan dalam 7K : kemandirian (otonomi), keluwesan (fleksibilitas), keperansertaan (partisipasi), keterbukaan (akuntabilitas, transparansi), kemajuan (transformasional), kepengetahuaan, kepercayaan (amanah).

 

Tujuan

Tujuan pendidikan di MTs ingin menghasilkan santri dengan kompetensi sebagai berikut:

  1. Memiliki kepribadian yang matang, memahami dan mengamalkan ajaran Islam kepesantrenan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki rasa kebangsaan dan wawasan global.

  2. Mampu membaca al-Qur’an sesuai dengan ilmu Tajwid

  3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris

  4. Mampu menguasai dasar ilmu-ilmu akademis

  5. Mampu menguasai dasar-dasar membaca kitab kuning

  6. Terampil terutama dalam teknologi informasi, seni dan olahraga

  7. Mampu menjalani proses pendidikan dalam lingkungan yang yang tercakup dalam 7K (Keamanan, Ketertiban, Kenyamanan, Keindahan, Kebersihan, Kerindangan dan Kekeluargaan)

Selamat Datang

Selamat datang di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum, Pondok Pesantren Krapyak, sebuah madrasah berbasis pesantren di Yogyakarta, Indonesia.

Dengan kurang lebih 60 guru, sistem pendidikan berbasis pesantren dengan fasilitas yang memadai, kita berusaha memberikan pendidikan terbaik kepada para santri dan juga sekaligus mengabdi pada masyarakat sekitar.
Blog WebMastered by All in One Webmaster.